Mengenal Blinds, Si Alternatif Tirai Jendela Konvensional

Mengenal Blinds, Si Alternatif Tirai Jendela Konvensional

Jakarta - Selain tirai jendela yang terbuat dari kain atau lebih sering disebut gorden, dikenal juga blinds dalam dunia interior. Seperti tirai konvensional, blinds juga berfungsi memblok cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Bedanya, blinds tidak digeser ke kiri-kanan, melainkan naik-turun. 

"Untuk orang Indonesia, blinds sebetulnya masih sesuatu yang baru. Kalau di sini, orang bilangnya gorden naik turun," ujar Jenfilia Suwandrei Arifin, direktur Coulisse Indonesia, saat peluncuran Coulisse di pameran 'The Colours of Indonesia 2016: Hotel No.12', Senayan City, Selasa (20/9/2016). 

Coulisse sendiri merupakan produsen blinds premium asal Belanda yang telah hadir sejak 1992. Coulisse masuk ke Indonesia karena melihatnya sebagai pasar yang potensial. Banyak orang Indonesia yang mulai melirik blinds.

Meski umum dipakai di kantor atau pusat niaga, blinds, kata Jenfilia bisa menjadi alternatif sebagai tirai di rumah mengingat tampilannya yang simpel, datar, polos, tidak kusut dan bersih. "Sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis yang memang tengah jadi tren saat ini," ungkap Jenfilia. 
 

Ia juga menambahkan, tidak hanya untuk ruang tamu atau kamar, blindsjuga bisa digunakan di dapur bahkan kamar mandi. "Bedanya kalau orang Eropa justru memasang blinds di luar rumah karena menurut mereka lebih efektif menghalangi cahaya sebelum menyentuh langsung kaca jendela," katanya. 

Bagi mereka yang lebih mementingkan sisi dekoratifnya, blinds kini hadir dengan motif dan corak yang lebih beragam. Coulisse misalnya melansir blinds berbahan graphic jaquards bermotif floral dan geometris dalam pilihan warna yang lembut sehingga tetap terlihat simpel. 

Selain dari segi desain, keunggulan lain dari blinds adalah perawatannya yang mudah. "Cukup dengan vacuum cleaner lalu dilap. Jangan dicuci karena bisa kusut," ujar Janfilia. Dengan perawatan yang rutin, usia blindsbisa bertahan sampai lima tahun lebih. 

Kecanggihan teknologi juga menjadi alasan lain untuk mengganti tirai dengan blinds. Blinds edisi teranyar umumnya sudah bisa dioperasikan dari jarak jauh melalui ponsel pintar. 
(dng/hst)

See Article Here.

whatsapp